Apa itu Hosting, Domain dan VPS?

Seringkali disaat kita online di medsos youtube/blog kita mendengar atau melihat istilah tersebut. Pada artikel pertama di blog saya kali ini kita akan membahasnya, bukan hanya hosting dan domain saja, kita juga akan membahas vps, cloud hosting, Alamat Ip beserta fungsi dan kegunaannya.Langsung saja ke topik pembahasan.

1. Domain / Nama Domain
Diktutip dari wikipedia Domain / Nama domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Sedangkan menurut definisi saya sendiri yang paling simpel dan mudah di pahami adalah domain merupakan nama panggilan untuk menuju suatu website/blog yang di panggil melalui address bar browser, Contoh domain website blog saya ini adalah “lamongan.dev”

Apa itu Hosting, Domain dan VPS? - lamongandev.com
Domain lamongandev.com

Domain Domain kadang-kadang juga biasa disebut pula dengan istilah URL(Uniform Resource Locator atau alamat website. Domain sendiri juga berfungsi mempermudah pengguna internet pada saat mengakses ke server tanpa harus harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP.

2. Alamat IP

Apa itu Hosting, Domain dan VPS? - lamongandev.com
alamatIP

Alamat IP atau Internet Protocol Address adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Fungsi alamat IP hampir sama dengan domain yakni untuk menuju suatu webserver/jaringan internet bedanya hanyalah yakni kalau alamat ip hanya terdiri dari angka dipisahkan titik sedangkan nama domain bisa berupa karakter huruf juga angka.

3. Web Hosting, Hosting server & cloud hosting

Apa itu Hosting, Domain dan VPS? - lamongandev.com
Web-Hosting

Yg pertama yakni web hosting, web hosting adalah Suatu web jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan gratis maupun berbayar. Sedangkan hosting server adalah Sebuah komputer server yang terhubung dengan jaringan dan berfungsi untuk menyimpan/menempatkan informasi berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS, Semua informasi tersebut bisa diakses kapanpun dan dimanapun secara nonstop 7×24 jam oleh pemilik server maupun orang lain(jika di public). Cloud hosting, Cloud hosting fungsinya hampir sama dengan hostingserver cuma saja cloud hosting mempunyai kelebihan pada kecepatan akses dan resource nya, hal itu di karenakan karena cloud hosting menggunakan berbagai macam server untuk menyeimbangkan load dan memaksimalkan uptimenya.

4.Vps server dan fungsinya

Apa itu Hosting, Domain dan VPS? - lamongandev.com

VPS atau singkatan dari Virtual Private Server adalah adalah sebuah server fisik yang dibagi menjadi beberapa virtual server, dimana masing – masing virtual server dapat diinstall OS sendiri. Secara garis besar, VPS masih mirip dengan hosting, namun memiliki resource yang lebih besar, dan virtualisasi pada setiap server. Dengan virtualisasi tersebut, memungkinkan kita untuk menginstall OS dan software tambahan sesuai kebutuhan, yang mana tidak dapat kita lakukan di hosting biasa.